DOSEN BIOLOGI UAD IKUTI KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT INTERNASIONAL

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Internasional. Pada kesempatan ini UAD berkolaborasi dengan Universiti Malaysia Terengganu (UMT). Kolaborasi ini merupakan salah satu kabar yang menggembirakan. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu pada Rabu-Kamis (09-10/08/2023) yang dilaksanakan di Taman Kelulut, Pangkalan Gelap, Kuala Setiu. Kegiatan ini ditujukan untuk peternak lebah madu Trigona. Oleh karena itu, pada kesempatan ini tim PkM UAD mengangkat tema yaitu peningkatan kapasitas keislaman dan pengemasan optimal.

Kegiatan ini diawali dengan kegiatan penyuluhan dan pelatihan terkait wawasan keislaman serta proses pengemasan madu bagi peternak madu trigona. Program PkM ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas keislaman para peternak dan mengoptimalisasi pengemasan produk lebah madu Trigona, sehingga madu tersebut memiliki nilai jual tinggi. Pada kesempatan ini, dosen Program Studi Biologi UAD Nurul Suwartiningsih, M.Sc dapat menjadi perwakilan dalam tim PkM Internasional UAD sekaligus menjadi ketua tim pelaksana PkM Internasional. Selain itu, terdapat anggota lain yang turut hadir dalam kegiatan PkM Internasional diantaranya adalah Rofiul Wahyudi, M.E.I., dan Nursyiva Irsalinda, M.Sc. Kegiatan PkM internasional ini juga bekerja bersama dengan Universiti Malaysia Terengganu yang pada kesempatan ini diwakili oleh Prof. Dr. Shamsul Bahri Abd Razak dan Jumadil Saputra, Ph.D.

Kegiatan PkM Internasional yang diselenggarakan selama dua hari ini sudah mencakup penyuluhan dan pelatihan peningkatan kapasitas keislaman para petani lebah madu Trigona serta pengemasan lebah madu Trigona. “Tujuan utama kegiatan kami adalah untuk meningkatkan pemahaman para peternak mengenai keberkahan lebah dalam pandangan al-Quran dan Hadis sehingga menjadikan lebah bukan hanya sebagai penghasil madu, tetapi juga sebagai simbol keistimewaan dalam agama,”ucap Nurul.

Nurul juga menambahkan bahwa peningkatan sarana juga merupakan fokus utama dalam kegiatan PkM kami. Melalui diversifikasi kemasan produk lebah madu, kami berharap dapat memperluas pasaran dan menarik minat masyarakat untuk mengenal lebih jauh tentang manfaat luar biasa dari produk madu lebah Trigona.

Pada kesempatan ini, tim PkM Internasional menyoroti pentingnya kemasan produk yang aman, informatif, dan menarik. Nurul juga menyampaikan, “Kemasan yang baik tidak hanya melindungi produk, tetapi juga sebagai alat komunikasi antara peternak dan konsumen. Informasi yang komprehensif dan menarik pada kemasan dapat membangun kepercayaan dan ketertarikan masyarakat terhadap produk madu lebah Trigona.” Akhir kata kegiatan pengabdian ini tidak hanya berhenti pada dua hari ini saja, tetapi akan berlanjut pada bulan Oktober dengan kegiatan penyuluhan dan pelatihan labelling kemasan dari Tim PkM. Kolaborasi antara UAD dengan UMT ini menjadi bukti nyata bahwa kerja sama lintas negara dapat menghasilkan dampak positif dalam pengembangan peternakan lebah madu Trigona yang berkelanjutan.