Mahasiswa Biologi Mendalami Praktik Ilmu Melalui Kegiatan Kunjungan Lapangan Ke Balai Besar Litbang Vektor Dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga

Senin (17/07/23) – Mahasiswa program studi Biologi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta mengadakan kunjungan lapangan ke Balai Pengendalian Vektor dan Reservoir Penyakit di Salatiga. Kegiatan ini bukan sekadar tour biasa, melainkan bagian dari pembelajaran mata kuliah Pengendalian Hayati bagi mahasiswa semester 5. Selain tour lab mahasiswa juga melakukan praktikum singkat di laboratorium yang ada di B2P2VRP.

Sebelum kegiatan praktikum, mahasiswa diberikan penjelasan mengenai berbagai metode pengendalian vektor seperti fogging, penggunaan larvasida, dan pemantauan reservoir penyakit. Beberapa laboratorium yang dikunjungi oleh mahasiswa diantaranya yaitu laboratorium Uji Kaji Insektisida dan laboratorium Bakteriologi. Semua praktikum didampingi langsung oleh laboran dari B2P2VRP yang sudah ahli di bidangnya.

Mahasiswa diperkenalkan mengenai uji repellent yaitu macam-macam jenis jentik nyamuk, pengujian efektivitas insektisida dan menjadi probandus dalam pengujian efektivitas obat nyamuk. Selain itu juga dikenalkan mengenai uji bioassay untuk melihat pada konsentrasi berapa jentik nyamuk dapat mati. Kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahan.