Praktikum Lapangan Mahasiswa Biologi: Eksplorasi Keanekaragaman Avertebrata di Pantai Sepanjang

Senin (19/06/23), Dalam upaya mendalami keragaman hewan-hewan avertebrata, mahasiswa Program Studi Biologi Universitas Ahmad Dahlan melaksanakan praktikum lapangan sistematika avertebrata di pesisir Pantai Sepanjang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang struktur dan karakteristik avertebrata yang mendiami ekosistem pesisir. Kegiatan ini di ikuti oleh mahasiswa Biologi angkatan 2022 dengan didampingi oleh dosen dan asisten praktikum.

Kegiatan ini diawali dengan pembagian kelompok kemudian setiap kelompok disebar untuk mencari hewan di sepanjang Pantai Sepanjang. Hewan yang sudah didapatkan kemudian dilakukan identifikasi yang ditemukan di sepanjang pantai. Proses identifikasi melibatkan observasi langsung menggunaan alat bantu seperti lup. Nama spesies yang telah didapetkan kemudian diverifikais menggunakan website iNaturalist.

Hewan yang sudah berhasil diidentifikasi kemudian di awetkan. Langkah-langkah praktikum ini dirancang untuk mengintegrasikan teori sistematika avertebrata yang diperoleh di dalam kelas dengan pengalaman langsung di lapangan. Kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang didapatkan dari praktikum yang dilakukan di laboratorium untuk di terapkan di lapangan secara langsung.