Mahasiswa Biologi Memperdalam Pengetahuan Ekologi Melalui Praktikum Lapangan di Taman Hutan Raya Bunder

Kamis (20/10/22), Praktikum ekologi kuantitatif memberikan kesempatan berharga bagi para mahasiswa Program Studi Biologi Universitas Ahmad Dahlan dengan melaksanakan praktikum lapangan di TAHURA (Taman Hutan Raya) Bunder, Gunung Kidul. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman langsung dalam pengamatan analisis ekologi di lingkungan alami. Kegiatan ini di ikuti oleh mahasiswa Biologi angkatan 2020 didampingi oleh ssisten praktikum dan dosen pendamping Ekologi Kuantitatif.

Mahasiswa yang sudah dibagi kedalam beberapa kelompok kemudian disebar sesuai dengan pembagian plot yang telah ditentukan. Setiap kelompok mahasiswa diberikan tugas untuk melakukan pengamatan dan pengukuran secara kuantitatif terhadap parameter ekologi tertentu. Pengamatan yang dilakukan meliputi analisis vegetasi, akuatik, biomassa cacing dan arthropoda serta pengamatan burung.

Data-data yang telah diperoleh seperti data vegetasi, akuatik, arthropoda dan spesies burung kemudian dilakukan identifikasi nama spesiesnya. Selain itu dihitung juga keanekaragaman mulai dari vegetasi, akuatik dan athropoda menggunakan Shannon Wiener diversity index atau indeks Shannon Wiener. Hasil dari praktikum ini kemudian harus dipresentasikan sebagai bentuk responsi Praktikum ekologi kuantitatif