Biologi UAD Selenggarakan Diskusi Ilmiah #1

Sabtu (14/10/23) – Program Studi Biologi pertama kali menyelenggarakan diskusi ilmiah keilmuan biologi. Diskusi ilmiah pertama ini mengangkat tema dengan fokus dua jenis keilmuan Biologi yaitu Biologi Molekuler dan Ekologi. Kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa Biologi UAD terkait kajian di masing-masing bidang keilmuan. Materi diskusi ilmiah pertama ini disampaikan oleh alumni Biologi UAD yaitu Galuh Enggar Pramesti, S.Si dan Wahyu Hana S., S.Si.

Diskusi ilmiah bidang Biologi Molekuler mengangkat tema Analisis Keragaman Morfometri dan genetik dengan penanda mikrosatelit. Tema tersebut pada kesempatan ini disampaikan oleh sdri. Galuh yang sebelumnya telah menyelesaikan penelitian tersebut. Galuh menyampaikan beberapa tahap yang harus dilakukan untuk menganalisis keragaman berdasarkan morfometri dan genetik udang galah. Selain itu, ia juga menyampaikan beberapa hambatan yang dialami selama penelitian berlangsung.

Sedangkan pada diskusi ilmiah bidang Ekologi mengangkat tema Kelimpahan Individu, Intensitas Serangan dan Persebaran Spodoptera frugiperda yang disampaikan oleh sdri. Hana. Hana merupakan salah satu alumni Biologi UAD yang melakukan penelitian dengan tema tersebut. Ia menyampaikan beberapa tahapan serta dasar-dasar dalam melakukan penelitian. Selain itu, ia juga menyampaikan hambatan selama penelitian berlangsung.

Besar harapan, dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan baru bagi mahasiswa terutama mahasiswa yang akan mengerjakan tugas akhir. Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi gambaran bagi mahasiswa yang akan menjalankan penelitian. Semoga kegiatan ini terus berkelanjutan dan sampai bertemu di diskusi ilmiah Biologi sesi berikutnya.