Mahasiswa Biologi Gali Ilmu Fermentasi Skala Industri di Pabrik Gula Madukismo, Yogyakarta

Selasa (4/07/23) – Mahasiswa program studi Biologi Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta menggelar kunjungan industri yang penuh makna ke Pabrik Gula PT. Madubaru-Madukismo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Puluhan mahasiswa Biologi UAD sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Pada kesempatan ini mahasiswa dapat memahami secara langsung proses fermentasi skala industri yang ada di produksi gula.

Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan praktikum mikrobiologi industri prodi biologi semester 6. Dengan didampingi oleh dosen pembimbing praktikum dan tour guide dari pihak PT. Madubaru-Madukismo, para mahasiswa dapat melihat secara langsung proses produksi gula dan proses pembuatan etanol yang merupakan limbah proses pembuatan gula. Ketika sesi pematerian dijelaskan juga mengenai sejarah dari PT. Madubaru-Madukismo, proses penanaman tanaman tebu hingga panen dan proses pembuatan gula.

Mahasiswa diberikan pengetahuan mulai dari alat-alat yang digunakan dalam memproduksi gula dan etanol serta mengetahui proses pembuatannya dalam skala industri. Kunjungan industri ini diharapkan tidak hanya memberikan pengalaman namun juga pemahaman yang lebih baik kepada mahasiswa tentang fermentasi skala industri.Selain itu juga dapat memicu minat dan semangat mahasiswa dalam mengembangkan riset atau karier di bidang bioteknologi dan mikrobiologi industri.