Kuliah Umum Program Studi Biologi: Plant Genomics and Its Applications

Yogyakarta, 23 Maret 2024

Program Studi Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Kembali menyelenggarakan kuliah umum dengan tema yang menarik. Tema yang diangkat pada kuliah umum ini yaitu Plant Genomics and Its Applications. Kuliah umum ini bertujuan untuk mendiskusikan cara merekayasa tanaman sehingga memberikan keuntungan, peran dan dampak dari aplikasi bioteknologi.

Narasumber kuliah umum yaitu Muhammad Arief Budiman, Ph.D., seorang Senior Scientist-Genomics Technology and Program Director South East Asia, Orion Genomics, St. Louis, Missouri, USA.  Beliau memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana cara merekayasa tanaman-tanaman agar tidak mudah membusuk. Jenis tanaman yang diteliti oleh narasumber diantaranya adalah tanaman tomat, tembakau dan yang utama adalah tanaman sawit. Beliau focus meneliti bagaimana membuat agar tanaman sawit tidak mudah membusuk sehingga dapat diperoleh bibit sawit yang unggul.

Kuliah umum yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa Program Studi Biologi baik secara offline maupun online, narasumber menjelaskan secara detail mulai dari bagaimana cara mencari gen target yang sesuai untuk dimasukkan gen dalam tanaman agar menghasilkan rekayasa tanaman yang sesuai dengan yang diinginkan, dan penggunaan bioteknologi molekuler seperti pemilihan marka molekuler untuk pemuliaan tanaman. Beliau juga menguraikan manfaat dan tantangan yang terkait dengan penggunaan tanaman GMO, serta dampaknya terhadap keberlanjutan lingkungan.

Kuliah umum tentang aplikasi bioteknologi pada tanaman berhasil memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang teknologi ini dan memicu minat untuk terlibat dalam penelitian dan pengembangan di bidang pertanian yang inovatif.