Tanggal 30 Juli 2018, Program Studi Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Ahmad Dahlan mendapatkan kunjungan dari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNBAYA). Peserta kunjungan dari UNBAYA terdiri dari Dekan, Wakil Dekan, 8 dosen, 2 admin, dan 69 mahasiswa Prodi Biologi, Fakultas MIPA. Tujuan kedatangan Universitas UNBAYA tersebut dalam rangka menyambung tali silaturahmi dan penandatanganan kerjasama antara 2 Program Studi Biologi. MoU yang ditandatangani berisikan diantaranya tentang penelitian bersama, pengadaan acara seminar, pertukaran dosen dan mahasiswa, pertukaran informasi dan pengabdian kepada masyarakat. Acara dibuka dengan sambutan dari dekan  FMIPA UAD, Drs. Aris Thobirin, M. Si., yang dilanjutkan dengan sambutan dari dekan FMIPA Universitas PGRI Adi Buana, Dra. Hj. Wara Pramesti, M.Si. Pembukaan diawali dengan perkenalan dosen dari kedua universitas tersebut, dilanjutkan harapan akan MoU yang ditandatangani dapat dilakukandan dapat membantu untuk memajukan negara Indonesia.

Setelah sambutan selesai, acara kemudian dibagi 2, yaitu sharing antar HMPS dan sharing antar dosen. Sharing antar HMPS diadakan di aula Islamic Center kampus 4 UAD, sedangkan untuk antar dosen diadakan di ruang sidang FMIPA UAD di kampus 4 lantai 8. Sharing antar dosen berlangsung hangat, diawali dengan pemaparan tentang FMIPA dan prodi Biologi oleh Kaprodi Biologi, Drs. Listiatie Budi Utami, M. Sc. dan kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai penelitian dan suasan akademis antara kedua kampus. Setelah diskusi dirasa cukup, peserta diskusi antar dosen kemudian kembali ke aula Islamic Center guna melakukan penandatanganan MoU antar 2 fakultas dan dilanjutkan dengan ISHOMA.

Setelah Ishoma, rombongan dari UNBAYA melanjutkan kunjungan ke Laboratorium Biologi di kampus 3 UAD. Rombongan yang menggunakan 2 bis tersebut dipandu oleh satu mahasiswa HMPS guna menunjukkan jalan dari kampus 4 ke kampus 3. Perjalanan berlangsung kurang lebih selama 45 menit. Setelah sampai di kampus 3, rombongan langsung diarahkan menuju ke gedung laboratorium. Rombongan dibagi menjadi 2 kloter, kunjungan ke lab biologi bawah dan atas. Antusiasme rombongan dalam melakukan kunjungan terlihat ketika banyak peserta rombongan yang melakukan diskusi dengan kepala laboratorium biologi, Drs. Hadi Sasongko, M. Si. Rombongan mengakhiri kunjungan laboratorium sekitar pukul 15.00 WIB dan kembali menuju bis untuk melanjutkan perjalanan ke hotel untuk menginap.