Tim Ent12 Biologi FAST UAD Raih Runner-up ENTOlympics by Royal Entomological Society (RES) United Kingdom

Tim Ent12 yang terdiri dari Ragil Yoga Mandhala Wicaksana dan Ichsan Luqmana Indra Putra, S.Si., M.Si. berhasil meraih posisi runner-up pada ajang kompetisi kuis internasional, ENTOlympics, yang merupakan rangkaian acara The Royal Entomological Society ENTO’21 Conference. Ragil merupakan fresh graduate Prodi Biologi FAST UAD, sedangkan Ichsan merupakan salah satu dosen Prodi Biologi FAST UAD yang mendalami ilmu serangga (entomologi). Acara ini diselenggarakan secara virtual pada 26 Agustus 2021 pukul 16.30-18.00 waktu UK menggunakan platform Zoom. Target peserta ENTOlympics adalah mahasiswa S1, S2, S3, peneliti yang sedang meniti karir di bidang entomologi, serta fresh graduate yang sudah lulus tidak lebih dari 5 tahun yang lalu.

Acara ENTOlympics yang diikuti oleh Ent12

 

ENTOlympics diikuti oleh 15 tim dari berbagai negara seperti UK, Indonesia, Canada, India dan Asutralia. Kompetisi ini terdiri dari 3 sesi kuis dengan 10 pertanyaan per sesi yang dibatasi waktu. “Saya ingin belajar lebih dalam tentang serangga karena selain burung, saya juga tertarik mempelajari serangga, terutama capung dan kupu-kupu.”, ungkap Ragil ketika ditanya apa yang menjadi motivasi mengikuti ENTOlympics.

Selisih skor yang sangat sedikit antara Juara Pertama (PhasmAcari) dengan joint runner-up (Auburn University dan Ent12)

Juara pertama diraih oleh Tim PhasmAcari dengan skor 36, sedangkan Tim Ent12 dan Auburn University mendapatkan skor yang sama, yaitu 35. Oleh karena itu, kedua tim tersebut menempati posisi joint runner-up.

Ini merupakan prestasi yang luar biasa mengingat ENTOlympics adalah ajang kompetisi bertaraf internasional pertama yang diikuti oleh Tim Ent12. (/SWW)