Mahasiswa Biologi Melakukan Indetifikasi Hewan Akuatik Di Lava Bantal, Sleman

Sabtu (23/09/23) telah dilaksanakan kegiatan identifikasi dan pengamatan keanekaragaman hewan akuatik di area Lava Bantal, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari praktikum ekologi yang merupakan mata kuliah wajib pada semester 5. Tujuan dari kegitan ini yaitu untuk memberikan pengalaman lapangan yang konkrit bagi para mahasiswa dalam memahami dinamika ekosistem di perairan tawar.

Tim mahasiswa didampingi oleh asisten praktikum dan dosen ekologi, melakukan pengambilan hewan akuatik dan melakukan pengukuran abiotik di sekitar lokasi pengamatan seperti kecepatan arus, DO (dissolved oxygen) atau oksigen terlarut, CO (carbon dioxide) atau karbon terlarut dan suhu air. Diikuti oleh 52 peserta yang terdiri dari mahasiswa semester 5 program studi biologi, Universitas Ahmad Dahlan. Selama kegiatan, mahasiswa dibagi menjadi 7 kelompok terdiri dari 3-4 mahasiswa. Setiap kelompok akan disebar pada masing-masing satu transek berukuran 5 meter untuk mencari hewan akuatik.

Hewan-hewan akuatik yang telah diperoleh kemudian dimasukkan dalam botol flakon untuk dilakukan identifikasi nama spesies dari masing-masing hewan yang diperoleh. Data identifikasi tersebut kemudian dikumpulkan per kelas untuk dilakukan perhitungan shannon wiener index atau indeks keanekaragaman pada acara praktikum berikutnya. Harapannya kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga dapat menambah wawasan dan keterampilan bagi mahasiswa biologi.