PRODUKSI KENTANG BERKUALITAS MELALUI KULTUR JARINGAN UNTUK MENCAPAI KEMANDIRIAN PANGAN

 

Program Studi Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Sabtu (18/03/2023) menyelenggarakan kegiatan kuliah umum bersama pakar kultur jaringan tanaman. Kegiatan ini diselenggarakan secara offline yang berlangsung di Aula Islamic Center UAD, selain itu kegiatan kuliah umum ini juga diselenggarakan secara online melalui Zoom Meeting dan Youtube.  Pada kesempatan ini, narasumber kuliah umum yaitu Bapak Adhi Nurcholis, S.Pd., M.Sc yang berkenan hadir secara langsung di Aula Islamic Center UAD. Beliau adalah Direktur PB Adhiguna Laboratory yang berlokasi di Wonosobo, Jawa Tengah. Kegiatan ini dipandu oleh Ibu Ambar Pratiwi, S.Si., M.Sc.

Pada kesempatan ini, Adhi Nurcholis menyampaikan terkait perkembangan pertanian tanaman kentang mulai dari varietas tanaman kentang hingga penyakit utama yang sering menyerang tanaman kentang. Beliau menyampaikan bahwa saat ini permasalahan paling utama pada tanaman kentang adalah serangan penyakit tanaman. Permasalahan tersebut, akhirnya memunculkan sebuah solusi yaitu kultur jaringan tanaman kentang. Kultur jaringan tanaman kentang yang saat ini sedang beliau kembangkan merupakan satu-satunya  kultur tanaman kentang di Jawa Tengah.

Mahasiswa Biologi UAD sangat antusias dalam mengikuti kegiatan kuliah umum ini, sehingga interaksi antara pemateri dengan peserta berlangsung aktif. Akhir kata, Adhi Nurcholis memberikan motivasi kepada para mahasiswa agar selalu memperhatikan dan mencerna dengan baik setiap ilmu yang disampaikan oleh dosen. Besar harapan, mahasiswa Biologi UAD dapat mengambil setiap ilmu yang telah disampaikan oleh pemateri dan dapat mengaplikasikannya nanti.