Implementasi Kerjasama: Pendampingan Praktikum Siswa-Siswi Muhammadiyah Boarding School Pleret oleh Prodi Biologi UAD

Pendampingan Praktikum MBS Pleret di Laboratorium Pembelajaran Biologi UAD

Prodi Biologi FAST UAD melakukan pendampingan praktikum siswa-siswi kelas IX Muhammadiyah Boarding School (MBS) Pleret pada Rabu dan Kamis, 17-18 November 2021. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk inisiasi dan implementasi kerjasama antara kedua institusi, serta untuk menambah pengalaman dan ilmu biologi siswa-siswi MBS Pleret. Acara pada praktikum ini diikuti oleh 54 siswa-siswi dan 6 guru dengan topik praktikum berupa energi, bioteknologi dan pengenalan mikroskop. Pada pelaksanaannya, praktikum dilakukan dengan pendampingan oleh dosen pengampu mata kuliah dan asisten praktikum.

Antusiasme yang tinggi ditunjukkan oleh siswa-siswi MBS Pleret dengan mengajukan banyak pertanyaan pada dosen pengampu dan asisten praktikum. Salah satu contoh pertanyaan yang ditanyakan adalah, “Jadi, selama ini kita makan jamur ya, Bu, ketika kita makan tempe?” pada saat praktikum Bioteknologi, yaitu pembuatan tempe dengan ragi yang berisi Rhizopus oryzae. Selain tempe, acara praktikum Bioteknologi juga membuat tape singkong. Prodi Biologi berharap dengan adanya praktikum ini, maka siswa-siswi dapat mengenali dan menginternalisasi peristiwa-peristiwa biologis yang terjadi sehari-hari di sekitar kita.

Salah satu kegiatan praktikum yang dilakukan oleh siswa MBS Pleret di Laboratorium Pembelajaran Biologi FAST UAD

 

Kerjasama antara Prodi Biologi FAST UAD dan MBS Pleret diharapkan dapat berlanjut. Beberapa agenda yang akan menjadi rencana tindak lanjut kerjasama ini adalah pendampingan praktikum untuk siswa-siswi kelas XII dan pelatihan bagi guru biologi MBS Pleret. Semoga agenda-agenda ini dapat terwujud sehingga silaturahim antara kedua institusi dapat terjalin dengan baik secara personal maupun profesional.

 

Penulis: SWW