Prodi Biologi UAD Latih Kemampuan Mahasiswa melalui Pengamatan Burung bersama dengan Kelompok Studi Binobio

Program Studi Biologi di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) semakin aktif dalam menerapkan ilmu pengetahuan melalui Kelompok Studi (KS) Binobio. Binobio merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan keterampilan mahasiswa yang secara khusus memiliki minat pada dunia burung. Kegiatan terbaru yang dilaksanakan oleh KS binobio yaitu pengamatan perilaku burung dengan pembelajaran luar ruang kelas. Pengamatan burung dilaksakan bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam memahami perilaku dan keanekaragaman burung.

Pendamping kegiatan, Pandu, menyatakan, “Kami percaya bahwa pembelajaran tidak hanya terjadi di dalam kelas, tetapi juga melalui pengalaman langsung di lapangan. Kegiatan pengamatan burung ini memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari dan merangsang minat mereka terhadap alam.”

Kegiatan dimulai dengan sesi pembekalan teori singkat oleh pendamping kegiatan. Mahasiswa diberikan pengetahuan tentang identifikasi burung dan perilaku mereka. Setelah itu, mereka langsung menuju lokasi untuk melakukan pengamatan burung. Pengamatan dilakukan menggunakan binocular sebagai alat bantu agar dapat melihat burung yang letaknya jauh dipucuk pohon.

Pengamatan burung ini juga menjadi ajang latihan bagi mahasiswa untuk mengasah keterampilan pengamatan, pencatatan, dan pengetahuan. Mereka diajak untuk bekerja sama dalam kelompok untuk mengidentifikasi berbagai spesies burung dan memahami pola perilaku yang mereka amati.

Pengamatan burung oleh Kelompok Studi Binobio Prodi Biologi UAD tidak hanya memberikan manfaat ilmiah tetapi juga mengembangkan apresiasi mahasiswa terhadap keanekaragaman hayati. Dengan kegiatan semacam ini, diharapkan mahasiswa semakin termotivasi untuk menggali lebih dalam ilmu biologi dan aktif berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pembelajaran mereka.