IISMA: Prodi Biologi Kirimkan Mahasiswa ke Latvia

Field Trip ke Riga

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia meluncurkan Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar (MBKM). Tujuan program ini adalah untuk mendorong mahasiswa agar menguasai berbagai macam disiplin ilmu yang dapat menunjang karir mereka di masa depan. Salah satu progrgram flagship turunan dari MBKM ini adalah Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang diluncurkan pada Bulan Mei 2021 lalu. Program beasiswa ini membuka kesempatan bagi mahasiswa S1 PTS/PTN di seluruh Indonesia untuk belajar di universitas top dunia yang bermitra dengan Kemendikbud Ristek selama 1 semester penuh. Tujuan program IISMA adalah untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan mahasiswa, mengasah keterampilan dalam cross-cultural understanding (CCU), serta membangun jejaring internasional.

Mahasiswa yang dapat mendaftar program ini adalah mahasiswa aktif pada semester 4-7, mempunyai IPK minimal 3,00 serta memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni dibuktikan dengan sertifikat Duolingo English Test skor minimal 100, IELTS dengan skor minimal 6.0, atau TOEFL iBT skor minimal 78. Awardee IISMA ini nantinya akan diberikan rekognisi mata kuliah oleh home university sebanyak 20 sks.

Alhamdulillah, Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Terapan UAD mengirimkan 1 mahasiswa atas nama Afnan Sa’ud Hanifuddin untuk belajar selama 1 semester di Daugavpils University (DU), Latvia. Afnan memulai perkuliahan pada Bulan September 2021 dan akan selesai di sekitar Bulan Januari-Februari 2022. Banyak kegiatan yang dilakukan mahasiswa selama berada di DU, di antaranya adalah pertemuan dengan duta besar, field trip, serta sample collection di lapangan.

Pencarian vegetasi di sekitar danau

Penulis: Wulan