TIM UAD RAIH JUARA 3 DALAM LOMBA FOREMOST 2.0

Tim Universitas Ahmad Dahlan (UAD) meraih prestasi luar biasa dengan memenangkan ajang lomba Fisheries and Marine Scientific Writing Competition 2.0 atau Foremost 2.0 pada tanggal 4 Juni 2024, dengan mengusung tema peran agent of change dalam optimalisasi biodiversitas perairan melalui pengembangan inovasi tegnologi guna mendukung perwujudan Indonesia emas 204. Kompetisi ini diadakan oleh BEM Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) dan perlombaan ini diikuti oleh mahasiswa aktif di Indonesia, baik dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) maupun Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Tim UAD yang diketuai oleh Zul Hamdi Batubara (Program Studi Pendidikan Biologi), dan anggota tim yang terdiri dari Apriyanti (Program Studi Biologi), Komisah (Program Studi Kesehatan Masyarakat), dan Andika Gundawa Hidayat (Program Studi Teknik Kimia) dengan dosen pembimbing Dr. Novi Febrianti, M.Si.

TIM UAD berhasil meraih juara 3 dalam kompetisi ini melalui artikel ilmiah dengan judul “Inovasi Bioplastik Biodegradable Berbahan Dasar Rumput Laut (Eucheuma cottonii) Kombinasi Umbi Porang (Amorphophallus muelleri) sebagai Solusi Alternatif Penanggulangan Limbah Plastik” artikel ini menjelaskan bahwa rumput laut dan umbi porang diolah menjadi edible film, sebagai salah satu inovasi bernilai ekonomi tinggi dan ramah lingkungan terlebih lagi karena melimpahnya rumput laut di perairan Indonesia. Penghargaan ini memberikan kontribusi yang besar bagi Program Studi Biologi dalam mempertahankan, meningkatkan, dan menginspirasi, serta berprestasi baik dalam tingkat nasional maupun internasional.