Kuliah Umum Pendekatan Bioteknologi dalam Ketahanan Pangan Indonesia

kulum2
Selasa, 15 November 2016 Program Studi Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan kuliah umum dengan menghadirkan Drs. Budi Setiadi Daryono M.Agr.Sc., Ph.D. Kuliah umum yang dilaksanakan di ruang Auditorium kampus 3 dihadiri 250 mahasiswa semester 1 dan 3.  Tema kuliah umum kali ini adalah “Pendekatan Bioteknologi dalam Ketahanan Pangan Indonesia”.

       Dalam sambutannya Dra. Listiatie Budi Utami M. Sc, selaku Kaprodi Biologi menyampaikan harapan kepada mahasiswa biologi yang hadir “Manfaatkan waktu ini untuk betul-betul belajar  di bidang bioteknologi. Kita harus belajar ilmu bioteknologi karena bioteknologi itu merupakan landasan yang sangat penting di semua aspek keilmuan baik itu kesehatan, pertanian, bidang informasi, dan banyak aspek lainnya”.

        Pemaparan materi dimoderatori oleh Diah Asta Putri M, Si. yang merupakan salah satu dosen Prodi Biologi yang mengampu mata kuliah Dasar-dasar Bioteknologi. Diawal panyampaian materi Pak Budi mengungkapkan rasa bahagianya dapat berbagi ilmu dengan mahasiswa Biologi kali ini. “InsyaAllah mudah-mudahan informasi maupun ilmu dapat bermanfaat (red). Pertama itu mudah-mudahan informasi ini bisa diterima terlebih dahulu, kedua syukur-syukur informasi ini bisa memotivasi, dan ketiga informasi mudah-mudahan bisa menginspirasi” harapnya.

     Materi yang disampaikan oleh Pak Budi diantaranya mengenai potensi keanekaragaman hayati Indonesia, aplikasi biologi molekular dalam pengembangan riset biosains, prospek biologi di masa yang akan datang, dan taaruf untuk motivasi belajar bagi mahasiswa biologi. Banyak sharing ilmu yang dilakukan oleh Pak Budi tentang riset dan penelitian yang sudah beliau lakukan serta kiat-kiat mendapatkan beasiswa untuk riset dan melanjutkan studi ke jenjang S2.

     “Acara kuliah umum tadi itu sangat luar biasa menurut saya karena Pak Budi yang memiliki wawasan luas terhadap bidang Biologi khususnya di bidang bioteknologi terutama risetnya yang telah banyak terakui seperti melon GAMA tadi. Saya juga terinspirasi dengan pesan beliau bahwa Biologi itu bukan hanya belajar masa sekarang saja namun kita diajari untuk belajar masa kini dan masa depan, jadi  saya sebagai mahasiswa Biologi dapat merasa termotivasi dengan apa yang disampaikan Pak Budi dan memiliki gambaran untuk masa depan dengan melakukan berbagai riset dan penelitian” ungkap Alvin Putra Pratama yang saat ini menempuh kuliah semester 1.