Mahasiswa Biologi Sambangi Kebun Binatang Gembira Loka untuk Praktik Lapangan Sistematika Chordata

Minggu (12/12/21), Sekelompok mahasiswa dari Program Studi Biologi angkatan 2020 menggelar praktikum lapangan yang sarat ilmu pengetahuan ke Kebun Binatang Gembira Loka. Kegiatan ini bukan sekadar wisata, melainkan bagian integral dari praktik lapangan yang difokuskan pada pengamatan dan studi chordata. Diikuti oleh mahasiswa biologi bagik secara daring maupun luring dengan didampingi oleh asisten praktikum dan dosen pembimbing praktikum.

Kegiatan ini terbagi menjadi daring dan luring, mahasiswa yang mengikuti secara daring disiapkan sebuah video dokumentasi hewan yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka, sedangkan untuk mahasiswa yang mengikuti secara luring melakukan pengamatan langsung dilokasi. Kegiatan ini diawali dengan pembagian kelompok, kemudian setiap kelompok disebar untuk mengidentifikasi berbagai macam hewan sesuai jatah kelompok masing-masing. Mahasiswa mendokumentasikan hewan yang ada di lokasi dan harus mencari informasi mengenai hewan yang diamati secara lengkap.

Output dari kegiatan ini adalah mahasiswa diminta untuk membuat poster yang nantinya akan di upload sebagai informasi bagi masyarakat luas. Kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang didapatkan dari praktikum yang dilakukan di laboratorium untuk di terapkan di lapangan secara langsung.