Pelatihan Bioakustik : Inovasi Baru untuk Mahasiswa Program Studi Biologi Biologi UAD

Program Studi Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada hari Kamis (11/7) mengadakan pelatihan bioakustik yang diselenggarakan di Laboratorium Ekologi dan Sistematika, Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan tersebut menghadirkan Bapak Susilohadi, M.Si, Ph.D. dari Universitas Gadjah Mada sebagai pembicara utama. Pelatihan tersebut dihadiri oleh dosen dan juga mahasiswa Biologi Universitas Ahmad Dahlan.

Pelatihan bioakustik memfokuskan pada pengenalan bioakustik dengan berbagai cabangnya, penerapan praktisnya, serta metode penelitian yang digunakan dalam bidang ini. Seluruh peserta menunjukkan antusiasme tinggi terutama para mahasiswa Biologi yang hadir pada kegiatan tersebut merasa mendapatkan wawasan baru yang berharga dan menunjukkan ketertarikan mendalam untuk mempelajari lebih lanjut mengenai bioakustik.

Fredo Meical Cibro, salah satu peserta pelatihan, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut sangat inspiratif yang menyampaikan bahwa, “Saya sangat tertarik untuk memperdalam bioakustik karena ini adalah bidang yang belum pernah saya pelajari di perkuliahan. Bioakustik menawarkan banyak manfaat dan pengetahuan yang menyenangkan untuk dipelajari.”

Harapan Fredo Meical Cibro selaku mahasiswa Program Studi Biologi Univeristas Ahmad Dahlan menyampaikan “Harapan saya setelah diadakannya pelatihan ini adalah adanya mahasiswa biologi UAD yang menjadi pioner untuk menyebarluaskan bioakustik ini”.

“Menurut saya kegiatan ini harus rutin diadakan, agar mahasiswa lebih paham bagaimana penelitian bioakustik ini dapat dilakukan dengan baik di lapangan, karena mahasiswa biologi UAD belum pernah mempelajari bioakustik sama sekali sebelumnya”, Tutup Fredo Meical Cibro.

(Haj)