Sabtu, 28 Oktober 2017, Kelompok studi burung Bird Identification N’ Observation of Biology (Binobio) Universitas Ahmad Dahlan telah mengikuti kegiatan Stadium General yang diselenggarakan oleh pengurus Paguyuban Pengamat Burung Jogja (PPBJ) di Gedung V4 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gajah Mada, Jl. Fauna No. 2, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kelompok Studi Burung Binobio diwakili oleh empat anggota, yaitu Radhitiya Anjar P.P., Ukhti Wulung Pertiwi, Arvitenno Eko Rian M., dan Nurul Amalia Farhanah.

      Kegiatan Stadium General tersebut merupakan bentuk persiapan pelepasliaran raptor Yogyakarta. Acara terdiri dari rangkaian pematerian serta sesi diskusi peserta Stadium General. Materi-materi dalam kegiatan tersebut diantaranya :

  1. “Pengenalan Jenis Elang dan Pengenalan Habitat Pelepasliaran” oleh Asman Adi Purwanto (Anggota Raptor Indonesia (RAIN))
  2. “Penandaan Burung” oleh Ign. Pramana Yuda (Dosen UAJY)
  3. “Distribusi Elang di Yogyakarta” oleh Rahmadiyono Widodo (Anggota PPBJ)
  4. “Persiapan Pelepasliaran : Perilaku Satwa” oleh Gunawan (Dosen FKH UGM)
  5. “Peredaran Tumbuhan dan Satwa Liar di Yogyakarta” oleh Andie Chandra (BKSDA Yogyakarta)
  6. “Persiapan Pelepasliaran : Pemeriksaan Kesehatan Satwa” oleh Muhammad Tauhid (Dosen FKH UGM)

     Stadium General tersebut dihadiri oleh lebih dari 30 orang peserta dari Instansi beberapa Kelompok studi  (KS) seperti Bird Identification N’ Observation of Biology (Binobio) dan Bilogi Study Club (BSC) Pendidikan Biologi UAD, Bionic, Biolaska UIN Sunan Kalijaga, Matalabiogama Fakultas Biologi UGM, KP3 Burung Fakultas Kehutanan UGM, Silvagama, dan KSSL Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Adapun peserta dari non KS seperti Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, Yayasan Konsevasi Elang Indonesia, dan Raptor Indonesia (RAIN).

    Kegiatan Stadium General “Persiapan Pelepasliaran Raptor Yogyakarta” ini berjalan dengan lancar. Pematerian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi  mengenai rencana tempat dan waktu pelaksanaan pelepasliaran raptor Yogyakarta melalui penyusunan timeline kegiatan. Berdasarkan hasil diskusi, kegiatan pelepasliaran raptor akan dilaksanakan pada bulan November-Desember 2017 mendatang. Studium General ini ditutup dengan sesi foto bersama peserta yang hadir.

 

 

Gambar 1. Pematerian persiapan pelepasliaran raptor

Gambar 2. Foto bersama peserta dan pemateri Stadium General “Persiapan Pelepasliaran Raptor Yogyakarta”