Kuliah Umum Sainstrepreneurnship Budidaya Sidat Program Studi Biologi

Dr. Agung Budiharjo, S.Si., M.Si saat memberikan kuliah umum

Program studi (Prodi) Biologi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.- Sebanyak lebih dari 200 mahasiswa Biologi UAD menghadiri kuliah umum dari Bapak Dr. Agung Budiharjo, S.Si., M.Si., dengan tema “Implementasi Biosains dalam Wirausaha Budidaya Ikan” yang diadakan Prodi Biologi pada 11 Maret 2016.

Kuliah umum merupakan kegiatan yang rutin diadakan oleh Prodi Biologi pada awal semester. Kegiatan ini juga mendapat respon baik dari mahasiswa. Selain mahasiswa, Dra. Listiatie Budi Utami, M. Sc. Selaku Kaprodi Biologi, Agung Budiantoro, M.Si. selaku Wakil Dekan FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pnegetahuan Alam), Drs. H Aris Thobirin, M. Si. Selaku  Dekan FMIPA dan jajaran dosen yang ikut hadir dalam kuliah Umum ini.

“Kita punya potensi kita harus berani memulai. Galilah potensi yang ada disekitar kita” ujar Agung di akhir materi. Agung telah menghabiskan waktu beberapa tahun melakukan riset di dunia sidat dan stevia, ia menemui beberapa kendala seperti pakan, bibit, dan pemasaran yang masih menjadi pekerjaan rumah baginya. Dalam materi yang di berikan, Agung mengungkapkan bahwa di Indonesia terdapat 9 spesies sidat dan hanya 3 spesies yang dapat di olah seperti Anguilla bicolor, Anguilla celebensis, dan Anguilla marmorata. Namun, hanya spesies Anguilla bicolor yang dapat di olah dengan baik dan banyak peminatnya.

 “Yang jelas bagi mahasiswa yang diutamakan dapat membuka wawasan dalam artian keilmuan Biologi itu ternyata bisa dijadikan sebagai dasar ketika mengelola sumber daya alam. Misalnya tadi budidaya Ikan Sidat. Jika mahasiswa terbuka wawasannya, ternyata ada banyak sekali hal yang belum dimanfaatkan di Indonesia. Bagi sesuatu yang lain untuk dimanfaatkan, asal konsisten dan fokus itu pasti akan berhasil. Itu adalah hal yang utama” Harap Agung Budiantoro.

“Jadi mahasiswa biologi dari hasil kuliah umum punya gambaran tentang akan jadi apa sih setelah kuliah umum tadi. Kata pak Agung juga fokus dan konsisten sehingga mahasiawa Biologi diharapkan tahu nanti akan konsentrasi kebidang Biologi yang mana” ungkap Angling yang saat ini menduduki bangku semester 8.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Pemberian Kenang-kenangan dari Prodi Biologi UAD kepada Bapak Dr. Agung Budiharjo, S.Si., M.Si.

Pemberian Kenang-kenangan dari Prodi Biologi UAD kepada Bapak Dr. Agung Budiharjo, S.Si., M.Si.

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]