Dalam upaya memperkenalkan Biologi kepada masyarakat, khususnya kepada siswa SMA dan guru sekolah di lingkungan DIY dan Jateng, pada hari Sabtu, tanggal 5 Mei 2018 Program Studi Biologi Fakultas MIPA UAD menyelenggarakan acara Lomba Poster dan Seminar Biologi dengan tema “Biologi yang Meningkatkan Daya Saing Saintis Muda”. Tema tersebut diangkat karena Biologi merupakan ilmu yang tidak akan pernah mati dan akan selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman. Seperti kutipan pembukaan dari Kaprodi Biologi Dra. Listiatie Budi Utami, M.Sc. “Biologi itu merupakan ilmu dasar yang tidak akan pernah mati. Perkembangan biologi akan terus berkembang seiring dengan  perkembangan zaman”.

Acara seminar Biologi diikuti oleh guru dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) serta Madrasah Aliyah (MA) dari DIY dan Jateng, dengan total peserta mencapai lebih dari 100 peserta.  Dalam acara seminar tersebut, Prodi Biologi mendatangkan 3 narasumber. Narasumber pertama adalah Dr. Harry Murti yang merupakan Manager Functional Stem Cell and Cancer Institute (SCI) PT. Kalbe Farma Tbk. yang membawakan tema “Masa Depan Bioteknologi Indonesia”. Narasumber kedua adalah  Agung Budiantoro, S.Si., M.Si. yang merupakan Wakil Dekan FMIPA UAD yang membawakan tema “Konservasi Lingkungan Hidup”. Narasumber terakhir adalah dr. Supriyatiningsih, Sp.Og., M.Kes. yang membawakan tema “Kesehatan Reproduksi Remaja”. Tema yang diusung masing-masing narasumber merupakan aplikasi keilmuan biologi yang banyak ditemukan di sekitar kita. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme peserta seminar dalam mengikuti kegiatan seminar dan dalam proses diskusi dengan narasumber.

Selain acara seminar, terdapat juga acara Lomba poster yang diselenggarakan untuk siswa tingkat SMA dan MA se-DIY dan Jateng. Terdapat beberapa sekolah yang telah mengirimkan hasil karya posternya untuk mengikuti lomba poster yang diselenggarakan oleh Prodi Biologi FMIPA UAD. Hasil dari lomba poster tersebut mendapatkan 6 nama dari 3 sekolah yang mendapatkan juara ke-1, 2, dan 3. Juara 3 didapatkan atas nama Antonio Rafelito Marsadio dan Saniara Aska Wahyu Santo yang berasal dari SMA N 10 Yogyakarta. Juara 2 diperoleh atas nama Rais Ilham Nustara dan Herlambang Prananto Widagdo dari SMA N 2 Bantul. Sedangkan juara 1 diperoleh atas nama Nadzifa Qathrunnada dan Rizki Nur Hakiki dari SMA N 5 Yogyakarta.