Tim Dosen Biologi FMIPA Universitas Ahmad Dahlan, Diah Asta Putri, M.Si., Ambar Pratiwi, M.Sc., dan Nurul Suwartiningsih, S.Pd., M.Sc. mengadakan kegiatan Program Pengabdian kepada Masyrakat (PPM) dengan tema ”Diversifikasi olahan ikan nila dengan fortifikasi daun kelor” di Desa Ambarketawang, Gamping Sleman. Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki protein tinggi, lemak yang rendah serta hanya sedikit memiliki daging merah. Tingkat produksi ikan nila di Indonesia cukup tinggi. Selain itu harga ikan nila juga terjangkau dengan rasa daging yang sangat enak.

Kegiatan PPM yang di ikuti oleh ibu-ibu anggota Aisyiah dan Kelompok Wanita Tani (KWT) An-Naba’ disajikan dalam beberapa sesi penyuluhan dan pelatihan, yaitu tentang pembuatan bakso ikan, nugget ikan, stik ikan dan mie ikan serta pengemasan produk tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa pekan setiap hari Minggu pada bulan Januari sampai Maret. Para peserta antusias mengikuti setiap arahan dari pemateri dan aktif dalam berdiskusi sehingga kegiatan berjalan dengan menyenangkan.

Diah Asta Putri, M.Si. selaku ketua tim berharap dengan kegiatan PPM ini peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengolahan ikan nila dengan fortifikasi daun kelor. Kegiatan ini sebagai upaya pemenuhan kebutuhan protein hewani dan nabati untuk konsumsi sehari-hari. Juga dapat bermanfaat dalam meningkatkan daya jual ikan nila dan menambah pendapatan.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada dosen dan mahasiswa yang telah mengadakan kegiatan ini, merupakan sebuah peningkatan wawasan dan berdampak positif bagi kami. Hal ini juga bisa kami jadikan program untuk peningkatan gizi dan pendapatan warga” ujar Tri Heni selaku ketua KWT An-Naba’.

Kegiatan PPM yang berjalan dengan lancar dan partisipatif tersebut di tutup dengan sesi foto bersama.